Fitur pada WhatsApp yang Sering Diabaikan Pengguna

Fitur pada WhatsApp yang Sering Diabaikan Pengguna

Aplikasi WhatsApp tentu saja tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Aplikasi messaging ini sangat populer di Indonesia maupun dunia karena cara menggunakannya yang mudah dan simple.

Meski menjadi favorit karena integrasinya yang sederhana, tapi sebenarnya WhatsApp juga memiliki banyak fitur canggih yang sangat berguna. Misalnya saja fitur status di WhatsApp yang juga menjadi salah satu hal menarik bagi para penggunanya. Lewat fitur ini pengguna bisa membagikan status dan mengomentari status dari pengguna yang lain.

Aplikasi bawahan dari Facebook ini memang memiliki fungsi utama untuk chatting atau bertukar pesan. Namun, sebenarnya WhatsApp juga memiliki beberapa fitur canggih lainnya seperti untuk video call atau WhatsApp Web yang memungkinkan pengguna membuka WhatsApp dari dua perangkat dan bertukar pesan lewat smartphone dan web.

Selain hal-hal tersebut, sebenarnya WhatsApp memiliki beberapa fitur canggih lainnya yang masih sering diabaikan oleh pengguna.

Inilah Fitur pada WhatsApp yang Sering Diabaikan Pengguna

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer dan paling banyak digunakan. Sayangya masih ada fitur-fitur keren dan canggih yang ada di dalam aplikasi tersebut yang masih tidak diketahui oleh penggunanya seperti berikut.

  1. Pin Chat

Pin Chat adalah salah satu fitur keren dari WhatsApp yang masih sering diabaikan dan tidak diketahui fungsinya oleh para pengguna. Pin Chat bisa membuat percakapan pengguna dengan seseorang atau grup menjadi prioritas dan muncul di bagian atas.

Hal itu tentunya bisa membuat kita selalu melihat percakapan tersebut meskipun ada pesan baru lain yang muncul. Untuk menggunakan Pin Chat ternyata caranya juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu menahan salah satu percakapan dari seseorang maupun grup. Kemudian klik tanda pin yang ada di atas.

  1. Tandai Belum Dibaca

Fitur yang satu ini rupanya juga masih belum diketahui oleh banyak pengguna WhatsApp. Tandai Belum Dibaca sangat membantu anda yang sering ceroboh membuka pesan secara tidak sengaja.

Biasanya hal itu dilakukan saat anda berpergian dan tidak sengaja membuka pesan padahal sebenarnya masih belum minat untuk membalasnya.

Baca Juga : Apa Saja Dampak Perang Dagang AS vs China bagi Indonesia?

Meskipun sudah terlanjur dibuka pesannya, tapi dengan fitur ini anda bisa membuat pesan tersebut terlihat seolah-olah belum dibaca. Cara menggunakannya juga mudah, anda hanya perlu menahan sebentar pesan yang sudah terbuka. Kemudian pilih ikon titik tiga di sebelah kanan atas dan pilihlah Tandai Belum Dibaca.

  1. Pesan Berbintang

Fitur yang satu ini sebenarnya juga sangat penting, apalagi bagi anda yang suka menyimpan salah satu chat dari orang terkasih. Pesan Berbintang memungkinkan para pengguna untuk mengabadikan chat-chat penting yang bisa dibaca lagi di kemudian hari.

Selain itu, fitur yang satu ini juga penting bagi anda yang mengandalkan grup WhatsApp untuk bekerja. Jika sebelumnya anda belum mengetahui cara menggunakannya, coba simak baik-baik caranya berikut ini.

Caranya sangat simple yaitu anda hanya perlu untuk menahan salah satu chat yang ada di ruang obrolan, kemudian pilih tanda bintang yang ada di atas. Untuk melihat pesan yang diabadikan, buka pengaturan kemudian pilih pesan berbintang.

  1. Arsipkan Chat

Fitur yang satu ini fungsinya juga masih belum terlalu diketahui oleh banyak pengguna. Arsipkan Chat bisa membuat anda untuk menyembunyikan sebuah percakapan seperti sudah dihapus, padahal sebenarnya percakapannya masih ada.

Menggunakan fitur ini rupanya tidak akan menghapus atau mencadangkan chat tersebut ke kartu SD.

Cara menggunakannya ialah dengan menahan salah satu percakapan yang ingin diarsipkan. Kemudian pilih ikon arsipkan yang ada di atas. Percakapan yang dipilih pun akan secara otomatis disembunyikan. Jadi saat anda kembali mengirim pesan dalam percakapan yang diarsipkan, maka pesan-pesan terdahulu akan otomatis kembali muncul lagi.