Khasanah Komik Indonesia

Gorengans Comic: Sempat Ramaikan Khasanah Komik Indonesia

Penggemar komik di Indonesia terus meningkat. Tak hanya sebagai penikmat, komikus lokal pun kini semakin berani menunjukkan karya mereka. Ada yang berkiblat komik Amerika seperti DC maupun Marvel, namun lebih banyak yang terinspirasi dari manga Jepang.

Terlepas dari kiblat dan inspirasi mereka, tentunya Indonesia mesti bangga karena karya komikus lokal juga memiliki kualitas yang baik. Hal itulah yang membuat Gorengans Comic muncul ke permukaan.

Apa itu Gorengans Comic?

Kepedulian Gorengans Comic Untuk Komikus Tanah Air

Gorengans Comic adalah sebuah majalah komik yang berisikan beberapa judul komik. Konsep semacam ini memang sudah cukup lama hadir di Indonesia, lewat Shonen Jump, Nakayoshi, dan lain-lain.

Tetapi, Gorengans Comic berkomitmen untuk menjadi wadah komikus lokal.

Pada edisi perdananya yang terbit di tahun 2015 lalu, Gorengans Comic menghadirkan beberapa judul komik buah karya seniman komik tanah air. Berikut adalah beberapa komik yang muncul pada seri pertama majalah komik Gorengans Comic:

  1. MoonSoul

Komik ini bercerita tentang Rainfall Lostsky, sang tokoh utama yang memiliki misi untuk memberangus sihir jahat. Rain sangat kuat dan memiliki keahlian sihir langka bernama “Moon Soul”. Kekuatan ini membuat pemiliknya bisa mentransfer sebagian dirinya kepada orang lain.

  1. Hantu!!

Melihat judulnya, Anda pasti mengira komik lokal ini mengusung genre horor. Padahal tidak sepenuhnya demikian. Sang komikus dengan jeli mengombinasikan unsur komedi dan romantis ke dalam karyanya.

Komik ini mengisahkan tentang seorang anak ajaib yang mampu menjinakkan hantu. Bahkan, sosok kuntilanak pun bisa kepincut dengan bocah itu.

  1. Apocalypse

Komik ini menjadikan bencana akhir jaman sebagai plot utama. Dikisahkan dalam komik ini, umur dunia sudah terlampau tua. Sehingga, dunia pun harus dimusnahkan dan digantikan dengan generasi kehidupan yang baru.

10 malaikat diberi tugas untuk menciptakan kiamat, yang mendapatkan tantangan dari sejumlah manusia.

  1. Kode

Komik ini mungkin terinspirasi dari manga detektif asal Jepang, seperti Detective Conan maupun Detektif Kindaichi. Sebab, komik Kode ini mengangkat kisah Andin, seorang siswi SMA yang bercita-cita menjadi detektif. Dalam mewujudkan impiannya itu, Andin mendapatkan banyak tantangan seru.

Tak cuma itu, Andin dikisahkan juga memiliki teman lelaki yang sering menggodanya. Cerita cinta khas SMA yang berawal dari benci pun membuat warna baru pada komik detektif, yang biasanya penuh dengan ketegangan.

  1. Soe

Komik ini mengandung unsur komedi yang tinggi. Mengangkat kisah kehidupan masyarakat lokal yang mungkin pernah Anda alami. Soe adalah seorang preman dan tokoh utama pada komik ini. Namun, meski statusnya preman, Soe rupanya memiliki sisi lain yang heroik.

Lihat Juga : Ketahui Ciri-ciri Situs Poker Online Terpopuler dan Terbaik Sebelum Bermain

Insting kepahlawanan Soe ini tak lepas dari keinginan Soe untuk bertobat. Ia sangat muak dengan kehidupannya sebagai preman. Namun, baru sehari tobat, Soe malah kembali ke jalan hitam penuh dosa. Mampukah Soe menjadi pahlawan sejati?

  1. Ain Gale

Komik ini memiliki genre petualangan dan survival. Kisahnya bermula ketika sebuah bencana terjadi di tahun 20xx. Bencana yang disebut dengan ‘Kemarahan Tuhan’ itu meluluhlantakkan dunia dan segala isinya.

Banyak manusia kehilangan nyawanya akibat bencana dahsyat itu.

Akibat bencana ini, seluruh dunia pun bergabung menjadi satu untuk bisa pulih dari keadaan tersebut. Leath Graille, adalah salah seorang yang berhasil selamat dari bencana itu.

Ia bertahan hidup dengan cara terus berpindah kota, hingga kemudian ia bertemu dengan seseorang yang menjadi petualangan seru pada komik ini.

Gorengans Comic bisa dikatakan sebagai sebuah wujud nyata kepedulian terhadap komikus lokal. Sejauh yang bisa diamati, memang mayoritas gambar pada Gorengans Comic masih bernuansa khas manga Jepang.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, Gorengans Comic kini kian langka. Para komikus memilih platform digital yang dinilai lebih efektif dalam hal publikasi karya mereka. Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa Gorengans Comic memang sempat mewarnai perkembangan dunia komik tanah air.

Maju terus seniman komik Indonesia!