Sosial Media

Yang Dilakukan Orang Tua Saat Bermain Sosial Media

Perkembangan  teknologi sudah semakin pesat dan menyentuh berbagai aspek dan kalangan tidak  terkecuali orang tua. Ketika mereka mengetahui adanya Internet dan Sosial Media, para orang tua ini akan minta diajari cara penggunannya.

Hampir semua orang tua saat ini memiliki akun sosial media, mereka menggunakannya untuk berbagai kepentingan atau sekedar sebagai sarana penghibur diri.

Para anak pun harus sabar ketika mengajari para orang tua ketika pertama kali menggunakan sosial media.

Hal hal yang dilakukan orang tua di Sosial Media

Ketika sedang dalam perjalanan, orang tua membuka handphone mereka dan melihat akun sosial media mereka seolah tidak mau kalah dengan para remaja lainnya.

Lantas, sebenarnya apa saja sih yang dilakukan orang tua di saat bermain sosial media mereka? Ini dia pembahasannya.

  1. Berkomunikasi dengan kawan lama

Salah satu keuntungan dari adanya sosial media ini ialah dapat menjalin kembali hubungan yang sudah lama terputus. Setelah berpuluh tahun lamanya berpisah karena sibuk menata kehidupan, sahabat sahabat akhirnya berkumpul lagi karena adanya sosial media.

Mereka saling berkomunikasi di sosial media kemudian menjadwalkan acara reuni untuk kembali mengenang masa masa indah mereka sewaktu masih menjadi pelajar.

  1. Membagikan foto keluarga

Sosial media juga hadir sebagai sarana pamer para orang tua. Mereka sering mengupload foto anak anak mereka ketika sedang berlibur atau kelulusan.

Memang hal ini merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi mereka, namun ada tujuan tersirat dibaliknya. Mereka ingin menunjukkan bahwa anak anak mereka lebih sukses dibandingkan dengan anak kawan lainnya.

  1. Berbagi foto lama

Memang sangat nikmat sekali rasanya mengingat masa-masa kebahagiaan dulu, apalagi jika ada foto yang bisa membangkitkan lagi kenangan itu.

Orang tua bersama teman temannya sering sekali mengupload foto ketika mereka masih muda dan bergairah. Tidak lupa mereka saling mengomentari setiap foto tersebut dengan berbagai ucapan rindu dan tawa.

  1. Mencari Berita

Bagi orang tua terutama ibu ibu, sumber berita mereka kebanyakan dari sosial media. Mereka bahkan sering tidak melakukan pengecekan kembali berita yang mereka dapatkan apakah benar ataupun hanya tipuan belaka. Sebagai anak, kita juga harus mengingatkan orang tua kita untuk menggunakan sosial media dengan bijak terutama untuk menyaring kembali informasi dan berita yang beredar.

  1. Bermain Quiz

Hampir semua orang tua di sosial media memainkan kuis yang disediakan oleh berbagai website. Mereka senang mengikuti berbagai kuis mengenai kepribadian, kemiripan wajah dengan artis dan hal lainnya.

Apabila hasilnya bagus mereka akan memberitahukan kepada anak anaknya dan tidak lupa memposting hasilnya di akun sosial media mereka.

  1. Mengawasi Anak

Salah satu alasan orang tua membuat akun sosial media ialahh untuk mengawasi sang anak. Mereka akan rajin memeriksa akun sosial media sang anak untuk mengetahui aktivitasnya.

Namun anak zaman sekarang juga tidak kehilangan akal, ada banyak anak yang lebih memilih untuk tidak berteman dengan orang. Tentu saja agar orang tua tidak tahu status mereka. Kamu takut ketauan bolos sama orang tua ya?

Itulah berbagai hal yang kemungkinan besar akan dilakukan para orang tua ketika bermain sosial media. Berbagai keuntungan dan  manfaat dapat tercipta dari sosial media, namun layaknya pisau ada bagian sisi  negatifnya juga.

Sebagai anak yang lebih melek teknologi, kita harus memberitahu orang tua kita untuk bermain sosial media dengan bijak dan cermat.